You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
ahok baju batik
.
photo doc - Beritajakarta.id

Kolong Jalan Layang Akan Disulap Jadi Taman PKL

Kolong jalan tol dan jalan layang di ibu kota yang selama ini disalahgunakan sebagai tempat rongsokan mobil, rumah tinggal gelandangan dan pengemis, serta tempat parkir mobil akan ditertibkan secara bertahap oleh Pemprov DKI Jakarta.

Kita akan bangun taman yang banyak supaya pedagang kaki lima bisa jualan di situ karena kalau kita mau kosongin lahan itu tidak akan bisa.

Rencananya, kolong jalan tol dan jalan layang akan disulap menjadi taman untuk pedagang kaki lima (PKL) maupun arena olahraga.

“Kita akan bangun taman yang banyak supaya pedagang kaki lima bisa jualan di situ karena kalau kita mau kosongin lahan itu tidak akan bisa. Jadi, lebih baik dipakai untuk PKL," kata Basuki T Purnama, Wakil Gubernur DKI Jakarta di Balaikota, Rabu (28/5).

397 Bangunan Liar di Kolong Tol Dibongkar

"Bisa kita bikin tempat olahraga, tempat PKL jualan juga bisa. Bebas saja, asal ada lampu dan CCTV," lanjutnya.

Menurut mantan Bupati Belitung Timur ini, area kolong jalan layang maupun jalan tol yang telah ditertibkan tidak boleh dibiarkan kosong. Bila dibiarkan maka pemukiman liar, kumuh, dan ilegal akan kembali berdiri. “Tapi kalau ada PKL berjualan di sana , bisa sekalian mengawasi agar tidak ada lagi gubuk liar. Pastinya, pedagang akan marah kalau ada gubuk liar karena akan mengurangi lahan untuk berjualan,” jelasnya.

Basuki mengaku, banyak oknum aparat yang selama ini terlibat memanfaatkan area kolong jalan tol dan jalan layang di ibu kota untuk disewakan kepada pihak lain. Alhasil, di kawasan tersebut saat ini marak berdiri bangunan permanen liar.

"Bahkan, toko juga ada di situ. Jadi, yang seperti itu juga akan kita selesaikan. Pokoknya kita 'sikat' semua. Cuma kan ini butuh waktu. Kalau tidak bisa tertibkan 100 orang sekaligus? Ya turunin jadi 50. Kalau masih tidak sanggup, jadi 25. Tidak sanggup lagi ya 10," ungkapnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1213 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1089 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1036 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye821 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye769 personBudhi Firmansyah Surapati